BLOG KRISTIAN

Selamat Datang Ke BLOG KRISTIAN.Semoga Anda Mendapat Menafaat !

Soal Jawab: Nabi Isa Al-Masih Terkemuka di Dunia dan di Akhirat

Soalan 1 :

Setuju dengan Nabi Isa Al-Masih terkemuka di dunia & akhirat.

Hanya saja kami sebagai Muslim agak bingung dengan doktrin Trinitas, karena rupanya doktrin Trinitas ini tidak ada dalam Alkitab.
Ini diciptakan oleh imperium Romawi untuk tetap beribadah sesuai dengan kebiasaan yang populer di daerah Mediterania bahkan Afrika seperti Mesir, dimana mereka beribadah dengan dewa-dewa yang berbentuk Trinitas.

Jadi Isa Al-Masih juga diTrinitaskan, sehingga penghormatan kepada dewi-dewi juga tetap bertahan dengan menjadikan Maryam bunda Allah.
Saya yakin kalau ajaran ini diluruskan akan membuka jalan bagi orang-orang muslim seperti saya untuk melihat bahwa Isa adalah Nabi yang terbesar, bukan sebagai Allah.

Jawaban 1:

Perlu diketahui bahawa istilah “trinitas” tidak ada dalam Alkitab (juga istilah “tauhid” tidak ada dalam Al-Quran), namun keseluruhan Kitab Suci mengajarkan bahwa Allah Yang Maha Esa, juga beroknum tiga.

Namun demikian, para pengikut Isa Al-Masih tidak sependapat dengan setiap faham polytheisme (banyak Tuhan), termasuk faham Tritheisme (tiga Tuhan) yang diwariskan beberapa kebudayaan yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan, termasuk budaya Romawi dan Yunani.

Maryam memang adalah ibu jasmani dari Isa Al-Masih, sehingga terlalu dipaksakan kalau kita mengatakan bahwa Maryam dijadikan sebagai ibu Isa karena terpengaruh suatu kebudayaan.Ada sebagian orang yang mengenal Isa Al-Masih hanya sebagai rasul, atau nabi yang dapat melakukan mujizat, guru yang baik, ataupun pemimpin yang bijaksana.Namun orang-orang yang dikasihi Allah, beroleh kasih karunia dari Allah untuk boleh dan bisa mengenalnya sebagai Tuhan.

“Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan (Allah) Bapa-Ku yang di sorga. (Injil, Matius 16:16-17).

Keseluruhan Injil bercerita tentang Isa Al-Masih yang adalah Tuhan, namun sungguh, hanya orang yang beroleh kasih karunia dari Allah yang dapat mengerti hal itu.

_________________________

Soalan 2:

Isa Almasih adalah seorang utusan Tuhan. Dia disalib tentara Romawi tetapi Isa Al-Masih tidak mati di tiang Salib. Isa Al-Masih juga tidak naik ke langit, karena Dia lepas dari salib dan Dia mencari domba-domba yang sesat dari bani Israel.

Isa Al-Masih adalah seorang nabi yang dikirimkan khusus untuk bani Israel bukan untuk masyarakat non-Israel.

Jawaban 2:

Perhatikan ayat berikut:

Allah berfirman: “Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat.”

Bukankah ayat ini menyatakan dengan jelas bahwa Isa akan diwafatkan oleh Allah, dan kemudian setelah itu Isa Al-Masih akan dinaikkan ke sorga?

Kitab Saudara juga menyatakan bahwa Isa Al-Masih adalah tanda yang besar bagi semesta alam (Qs 21:91). Ini sama sekali bertentangan dengan perkataan Saudara bahwa Isa Al-Masih hanya untuk bani Israil saja. Perhatikanlah bahwa dituliskan dengan jelas: bagi semesta alam.

_____________________________

Soalan 3:

Kata(terkemuka) وَجِيهًا terdapat juga dalam Qs 33:69 yang ditujukan terhadap Musa. Kata terkemuka tidaklah berarti yang paling, mana mungkin ada dua yang paling?

Mengapa Muhammad tidak disebut langsung dengan kata وَجِيهًا? Tentu karena Ia jelas dalam kondisi وَجِيهًا bahwa Ia adalah uswatun hasanah, juga penutup para Nabi dan Rasul.

Jawaban 3:

kata yang sama dipakai di Qs 3:45 untuk menjelaskan bahwa Isa Al-Masih adalah yang terkemuka di dunia akhirat. Kata ini dipakai dalam Qs 33:69 untuk menyatakan bahwa Musa adalah terhormat di sisi Allah. Tidak pernah dikatakan Musa terhormat di dunia dan akhirat.

Kedua kata ini adalah kata yang sama tetapi dipakai dalam erti yang sangat berbeda. Oleh sebab itu, penterjemah juga tidak memakai kata terjemahan yang sama dalam bahasa Indonesia.

Terkemuka di dunia dan akhirat. Ini berarti terhormat atau terkenal di sorga dan neraka ketika akhirat nanti. Seseorang boleh dikatakan terkemuka atau terhormat di dunia, tetapi apakah ia boleh dikatakan sebagai yang terkemuka di sorga? Selain Allah, tidak boleh ada yang menyaingi posisi Allah di sorga. Ini berarti syirik.

______________________________

Soalan 4:

Menurut kepercayaan orang Kristen, sebenarnya siapakah Tuhan itu? Apakah Isa Al-Masih?

Jawaban 4:

Umat Kristen percaya bahwa Allah adalah Pencipta langit dan bumi. Allah yang telah membentuk Adam (manusia pertama) dan tanah dan menghembuskan nafas kehidupan kepadanya.

Jelas Isa Al-Masih tidak dapat dipisahkan dari Allah. Sebab Isa Al-Masih adalah Kalimat Allah itu sendiri. Di mana keduanya mempunyai sifat kekekalan yang sama. Dan tentang hal ini baik Al-Quran dan Injil memberi kesaksian yang sama:

“Ingatlah, ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).” (Qs 3:45)

“Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal (Isa Al-Masih) Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:1; 14)

Lantas untuk apakah Kalimat Allah itu perlu datang ke dunia dalam diri Isa Al-Masih? Tujuannya hanya satu, yaitu melepaskan manusia dari ikatan belenggu dosa dan memberi hidup kekal kepada siapa saja yang mau percaya kepada-Nya.

Inilah janji indah yang disampaikan Isa Al-Masih, dan janji ini berlaku bagi siapa untuk selama-lamanya, “Isa bersabda: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

Dengan menerima Isa Al-Masih, maka saudara akan dapat belajar mengenai “Kebenaran” tentang Allah dan menemukan “Hidup” bersama Allah.

_______________________________

Soalan 5:

Yang saya tidak paham, mengapa untuk mengampuni dosa manusia Allah harus mengorbankan anak-Nya di tiang salib, diperhinakan oleh makhluk-Nya tanpa pertolongan-Nya . Bukankah Allah Maha Kuasa, untuk mengampuni manusia adalah atas kehendak-Nya tanpa prasarat dan ritual pengorbanan.

Andaikan kepercayaan Kristiani itu benar? Kalau sama anaknya saja membiarkan tersiksa di kayu salib. Bagaimana dengan yang bukan anaknya, akan lebih jauh lagi dari pertolongan-Nya .

Jawaban 5:

Hal pertama yang perlu  diingat bahwa Allah Maha Kasih. Inilah alasan satu-satunya mengapa Allah harus mengorbankan Anak-Nya/Kalima t-Nya di tiang salib. Tujuannya supaya semua manusia, termasuk saya dan saudara tidak mati binasa karena dosa.

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya (Isa Al-Masih) yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Isa Al-Masih) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16)

Manusia tidak dapat mengusahakan sendiri keselamatannya. Hanya dalam Isa Al-Masih mereka dapat beroleh keselamatan. “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia [Isa Al-Masih], sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.” (Injil, Kisah Para Rasul 4:12)

_______________________

Soalan 6:

Kalau memang Alkitab sekarang palsu, kapan dipalsukan, siapa yang memalsukan dan tunjukkan yang asli seperti apa?

Jawaban 6:

Hampir setiap umat Muslim percaya bahwa Alkitab sudah dipalsukan. Sayangnya, mereka tidak dapat membuktikan kebenaran klaim tersebut.

Salah satu alasan umat Muslim mengatakan Alkitab palsu adalah, tidak ditemukannya dalam kitab suci tersebut nubuat kedatangan Muhammad. Sementara umat Muslim bersikeras, Isa Al-Masih telah menyampaikan nubuat tersebut sebelum Dia terangkat nabik ke sorga.

Terlepas dari apapun alasan umat Muslim mengatakan Alkitab palsu, satu hal yang pasti bahwa Allah tidak pernah lalai menjaga keutuhan firman-Nya dari tangan-tangan orang jahil yang ingin merubahnya.

“Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya. “ (Kitab Nabi Besar Yesaya 40:8).

______________________

Soalan 7:

Saya percaya Isa Al-Masih adalah utusan Allah, saya juga yakin Dia terkemuka di dunia maupun akhirat.

Al-Quran juga mengatakan bahwa Isa Al-Masih yang ditugaskan membunuh dajjal nanti saat kiamat datang dan itulah alasan Isa Al-Masih diturunkan ke bumi.

Saya hanya ingin tahu alasan mengapa Injil tidak menyebutkan tentang kedatangan-Nya? Jelaskan juga ayat Yohanes 16:7

Jawaban 7:

Syukurlah saudara percaya Isa Al-Masih Terkemuka di dunia juga di akhirat. Inilah salah satu bukti, Dia bukan sekedar manusia biasa. Tetapi Dia adalah Kalimat Allah yang menjelma menjadi manusia.

Saudara benar, pada akhir zaman Isa Al-Masih akan datang untuk kali kedua. Dia akan menghancurkan dajjal, yaitu kekuasaan iblis. Dan menghakimi setiap manusia termasuk saudara Hamba Allah. Pada saat itu, Isa Al-Masih akan memutuskan siapa yang layak ikut bersama-Nya ke sorga, dan siapa yang akan dilemparkan ke dalam api neraka yang kekal.

“Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.” (Injil, Rasul Besar Yohanes 16:7).

Melalui ayat di atas, Isa Al-Masih kembali menegaskan pada murid-murid-Nya , bahwa Dia akan pergi dari dunia ini. Kembali pada Allah Bapa yang mengutus-Nya. Dan setelah pergian-Nya, Roh Allah yang disebut Roh Penghibur akan turun atas setiap orang yang percaya kepada-Nya.

Roh Penghibur itu akan menuntun setiap orang percaya, untuk hidup sesuai dengan kebenaran firman Allah.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: